Selasa, 03 April 2012

Apa itu fungsional programming?


Fungsional programming adalah bentuk fungsi yang berisi tindakan atau soslusi untuk memecahkan problem. Fungsi menjadi dasar utama program. Pemrogram selalu berfikir bagaimana memanfaatkan fungsi-funsi dasar yang kemudian dapat dibentuk menjadi  fungsi baru untuk memecahkan suatu problem. Metode yang dipakai dalam memecahkan masalah adalah transformasional (perubahan bentuk). Perubahan dari bentuk awal yang kemudaian diproses oleh aplikasi fungsi yang dapat menjadi solusi dari permasalahan kemudian akan menghasilkan bentuk akhir yaitu hasil. Dalam hal ini pemrogram tidak perlu lagi memikirkan alokasi memory, struktur data, variabel, dan pemilahan antara data dan program. Akan tetapi pemrograman fungsional membutuhkan waktu lebih pemrosesan yang lebih lama.

Bahasa fungsional lebih fokus dalam fungsi matematika. Pemrograman fungsional didasari oleh kalkulus lambada, ini adalah sistem formal yang digunakan untuk menyelidiki definisi fungsi, aplikasi fungsi, dan rekursif. Combinatory logika dan kalkulus lambada awalnya dikembangkan untuk mencapai pendekatan ke dasar matematika. Program fungsional mengajak kita untuk berfikir matematika dasar. Dalam kode fungsional selalu menghasilkan nilai yang sama dan tidak akan pernah berubah (immutable), sesuai dengan argumen dalam fungsi. Oleh sebab itu pemrograman fungsional menjadi lebih mudah difahami dan banyak diminati. Pemrograman fungsional sekarang lebih banyak digunakan dalam aplikasi industri dan komersial. Yang bergolong Bahasa pemrograman fungsional diantaranya adalah LOGO, APL, dan LISP.
LOGO adalah bahasa fungsional yang dirancang untuk mengajarkan kepada anak-anak tentang program komputer, geometri, dan matematika secara mudah. Pemrograman LOGO diciptakan oleh Seymour Papert pada tahun 1967. Sedangkan APL digunakan secara komersial dalam industri keuangan yang dikembangkan oleh kenneth E. Iverson pada awal tahun 1960. Dan LISP adalah bahasa fungsional yang dirancang berdasarkan kalkulus lambada yang ditujukan untuk memanipulasi simbol-simbol, bahasa fungsional ini dikembangkan oleh John McCarthy pada akhir tahun 1950.

1 komentar: