Senin, 12 Maret 2012

Contoh teknologi sehari-hari serta sejarahnya

Salah satu contoh teknologi yang kita gunakan sehari-hari adalah jam. Bayangkan saja, jika kita tidak memiliki alat pengukur waktu, kita pasti sangat sulit bukan? Setiap hari kita akan terlambat ke sekolah, kuliah, atau mungkin yang sudah kerja pasti gak mau kan kalo setiap hari diceramahin BOS hanya gara-gara telat melulu.
Oleh karena itu, Jam sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.
pernahkah anda berfikir kapan di temukannya jam?
tau kah sejarahnya?

Sejarah Jam


Kata jam berasal dari bahasa latin “clocca”. Jam mulai dikenal pada abad 14 yaitu sekitar 700 tahun yang lalu. Sebelumnya manusia menentukan waktu dengan menggunakan matahari dengan menancapkan tongkat ditengah-tengah dan melihat dimana bayangan itu jatuh. Jam jenis ini disebut jam sundial (Jam matahari). Pertama kali digunakan sekitar 3.500 tahun sebelum masehi. Ibnu Al-Shatir, Ahli astronomi menciptakan jam matahari untuk masjid Jamik Umayyah di Damsyik.

Bentuk asal jam matahari telah pecah menjadi 3 keping dan kepingan tersebut sekarang disimpan di musem Negara Syiria di Damsyik.


Sekitar tahun 1.400 sebelum masehi, jam air telah ditemukan di Mesir yang dinamakan clepsydra.



Selain itu Al-Jiziri mampu membuat jam air yang berbentuk gajah dan dapat mengeluarkan suara setiap jamnya.



Baru sekitar tahun 1950an the hamilton watch co of lanaster, pennsynavia, adalah perusahaan yang pertama kali membuat jam digital.







2 komentar: